Saturday, July 28, 2018

Cara Mengembangkan Kekuatan Keyakinan

Keyakinan sangat kuat untuk keberhasilan, demikian kata David J. Schwartz dalam The Magic of Thinking Big. Tetapi bagaimana cara mengembangkannya?

Tiga Langkah Pengembangan Kekuatan Keyakinan

Menurut Schwartz, ada tiga panduan untuk memperkuat kekuatan keyakinan, yakni :
  1. Berpikir sukses, jangan berpikir gagal. Di tempat kerja, di rumah, ganti menjadi berpikir sukses dari berpikir gagal. Ketika berada dalam situasi sulit, berpikirlah "Saya akan menang", jangan "saya akan gagal". Ketika bertarung dengan seseorang, "Saya yang terbaik" jangan "saya di luar kelas". Ketika kesempatan datang berpikirlah "Saya dapat melakukannya" jangan "saya tidak pernah bisa".
  2. Ingatkan secara teratur kamu lebih baik daripada yang kamu pikir.Orang yang berhasil bukan manusia super. Keberhasilan tidak meminta superintelek.Tidak ada mistik tentang keberhasilan.Keberhasilan tidak didasarkan pada keberuntungan.Orang-orang yang berhasil hanyalah orang-orang biasa yang telah mengembangkan keyakinan diri dan apa yang mereka lakukan. Jangan pernah jual dirimu rendah.
  3. Besar Keyakinan.Ukuran keberhasilan ditentukan ukuran keyakinanmu. Berpikir sasaran yang kecil, berharap kemajuan kecil. Berpikir sasaran besar, memenangkan sukses besar. Ide dan rencana besar seringkali lebih mudah daripada ide dan rencana kecil.