Tuesday, June 19, 2018

Paket Internet Telkomsel : Tinjauan

Internet seluler merupakan solusi untuk mobile dan laptop tanpa harus berlangganan dengan mengisi formulir sebagaimana paket internet TV kabel. Permasalahannya, jaringan seluler yang merata ada di seluruh Indonesia terbatas pada dua perusahaan yakni XL dan Telkomsel. Dari kedua perusahaan tersebut, Telkomsel memiliki jaringan yang lebih luas. Bagaimana paketnya?

Paket Data Telkomsel

Telkomsel menyediakan beragam-ragam paket data, mulai dari harian, mingguan dan bulanan. Paket-paket data tersebut tidak hanya internet, tetapi juga combo dengan fitur lain seperti VideoMax.

Kelebihan

Infrastruktur jaringan yang dimiliki oleh Telkomsel merupakan jaminan kualitas layanan internet dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Kelemahan

  1. Harga paket yang tidak pasti, semisal jika suatu paket disebutkan dibandrol seharga Rp. 12.000,- pada saat paket tersebut dibeli tagihan yang diminta melonjak menjadi Rp. 16.000,-
  2. Hampir tidak ada paket yang murni. Paket-paket telkomsel biasanya dibungkus dengan berbagai fitur lainnya semisal VideoMax dan sebagainya yang umumnya tidak tersedia kecuali di Jabodetabek. Artinya, pelanggan membayar sesuatu yang sia-sia.
  3. Batas pembelian yang tidak jelas. Pada umumnya harga-harga paket telkomsel merupakan harga promo yang pembeliannya dibatasi, tetapi pada saat sebelum pembelian, tidak ada pemberitahuan bahwa batas pembelian kita sudah habis.
  4. Retur kegagalan pembelian tidak jelas. Pelanggan yang membeli Paket Data harus gigit jari karena pulsanya sudah tersedot akibat pembelian paket yang gagal, sementara paket data tersebut tidak bisa dinikmati.