Monday, June 18, 2018

Membuat diagram dengan SmartDraw

Mencari alternatif untuk Microsoft Visio? Banyak pertanyaan di sebalik itu. Apakah software yang pas untuk membuat diagram alir? Cocokkah SmartDraw?

SmartDraw Cloud

Untuk menguji coba suatu aplikasi biasanya kita perlu mendownload, menginstall dan kemudian menghapus kembali aplikasi jika tidak puas.
Meskipun gratis, tetapi lumayan juga mengurangi volume paket internet yang kita gunakan, karena sekurang-kurangnya memakan 50 MB, dan rata-rata sekitar 200an MB.

SmartDraw memiliki versi Cloud dan Desktop. Kita dapat menguji coba selama 7 hari gratis.Dengan speed internet yang lumayan memadai saat ini, hal ini tidak menjadi masalah, sepanjang pulsa mencukupi.

SmartDraw Desktop

SmartDraw memiliki versi desktop. Tetapi, versi ini masih untuk Operating System Microsoft. Pengguna linux, masih harus mengandalkan Wine dan Virtual Box.

Perbandingan dengan Microsoft Visio

SmartDraw memiliki fitur-fitur yang umum dimiliki Microsoft Visio. Tidak sekedar membuat diagram alir, kita pun bisa membuat Map, hanya saja dalam tinjauan singkat, saya tidak melihat adanya fitur skala seperti yang dimiliki Visio, demikian pula fitur pengukuran luas atau panjang.

Artinya, SmartDraw mungkin cukup untuk membuat diagram alir, tetapi untuk keperluan lain, pengguna Microsoft Visio harus pikir-pikir dulu untuk migrasi.