Thursday, June 7, 2018

Kartu ATM Bank BTN

Dua bank yang hampir pasti ada di setiap kecamatan di pelosok Indonesia adalah BRI dan BTN. BRI memang bank yang menjangkau ke seluruh pelosok pedesaan karena merupakan bank dengan berbagai fasilitas kredit yang mudah bagi masyarakat pedesaan. Hanya saja, bank ini terlalu banyak konsumen dan menghabiskan waktu antrian.


BTN sebagai alternatif BRI

Salah satu bank alternatif adalah BTN. Meskipun tidak memiliki cabang, tetapi bank ini memiliki kerja sama dengan Kantor Pos melalui Paket Batara Pos. Kantor Pos ada di setiap kecamatan di Indonesia. Otomatis, BTN bisa diakses di setiap kecamatan di Indonesia.

Pembuatan Kartu ATM

Zaman sekarang, bank berguna utama untuk transaksi pembayaran. Berbagai layanan wajib dimiliki bank, mulai dari SMS banking, hingga ATM. Produk ini dimiliki oleh kedua bank, BRI dan BTN.

Tetapi, Kantor Pos hanya memiliki wewenang dalam pembukaan tabungan, tidak untuk pembuatan ATM. Untuk membuat Kartu ATM, musti ke Kantor Pos besar, karena hanya di sana tersedia Customer Service dari BTN.

Selain menyulitkan dari segi transportasi bagi penabung dari luar ibukota kabupaten, pembuatan Kartu ATM ini ternyata juga bermasalah. Customer service BTN yang ditempatkan sepertinya tidak serius melayani fasilitas ini. Penabung dari luar ibukota kabupaten, ada yang lebih dari sebulan tanpa kabar, apakah proses pembuatan ATMnya memang tidak berjalan.

Harus ke propinsi

BTN secara resmi tetap memiliki perwakilan di setiap propinsi. Oleh karenanya, penabung batara pos memang harus meluangkan waktu dan biaya ke ibukota propinsi.