Thursday, June 14, 2018

Cara Cepat Buka Aplikasi Ubuntu

Secara default Ubuntu menggunakan Unity, tetapi windows ini cukup memakan performa. Oleh karenanya, kita sering menukar windows yang lebih ringan. Tetapi, kelebihan unity dalam mengakses aplikasi dengan bantuan keyboard, mungkin adalah fitur yang ingin kita pertahankan.

Banyaknya kategori aplikasi

Sistem Menu mengkategorisasikan aplikasi ke dalam berbagai kelompok, tergantung pada windows yang kita gunakan. Kategori aplikasi ini bisa mencapai 10 kelompok, misalnya :
  1. Aksesoris
  2. Edukasi
  3. Grafis
  4. Internet
  5. Konfigurasi
  6. Multimedia
  7. Pengembangan
  8. Perkantoran
  9. Permainan
  10. Sistem
Bayangkan, jika kita menggunakan mouse. Untuk aplikasi yang jarang digunakan atau yang tidak dibuat shortcutnya di desktop atau taskbar, harus menggeser mouse beberapa kali untuk menemukan aplikasi tersebut. Ini cukup memakan waktu.

Apakah ada jalan lain?

Keyboard Searching Aplikasi

Ubuntu menyediakan alternatif untuk pencarian aplikasi. Tombol khusus untuk hal tersebut telah tersedia, yakni Alt+F2. Setelah tombol ini ditekan, akan ada windows kecil dengan tinggi tidak lebih 1 baris yang menyediakan input. Jika windows ini muncul, cukup ketikkan nama aplikasi yang ingin dicari.

Ada masalah sedikit waktu. Kita harus menunggu beberapa saat hingga windows ini muncul, tetapi bagaimanapun dibandingkan mengutak atik kategori aplikasi, masih cukup membantu cara ini.