Monday, June 11, 2018

Belum ada alternatif yang pas untuk Microsoft Visio

Microsoft Office Visio merupakan software yang selain dapat diandalkan untuk pembuatan diagram, juga dapat dipergunakan untuk membuat peta sederhana. Adakah alternatifnya?

Libre Office Draw

Libre Office Draw pada prinsipnya menggantikan fungsi Microsoft Paint. Meskipun beberapa fitur di Visio ada, seperti ukuran dan sudut, namun belum ada sistem skala. Pembuatan diagram pun masih menyulitkan. Bagaimanapun LO Draw, dapat membuka vdx dan mengeditnya secara sederhana. Yang paling menyulitkan tidak adanya fasilitas autojoin seperti di Visio.

Apache Open Office Draw

Libre Office dikembangkan dari Open Office. Libre Office Draw adalah kembangan dari Open Office Draw. Sama halnya, autojoin pada shape, sistem skala, dan berbagai fitur lainnya belum mendukung.

Dia

Software ini dari penampilan seperti betul-betul ingin menyaingi Visio, tetapi pengembangannya tidak aktif. Meskipun dari segi diagram sudah banyak fitur, meski dibandingkan Visio masih jauh, Fitur lain yang dimiliki Visio seperti simple map dan skala belum tersedia.

Software-software lain

Ada beberapa software lain, tergantung kebutuhan anda dalam memakai Diagram Editor seperti :
  1. yEd Graph Editor
  2. Inkscape
  3. Pencil Project
  4. Graphviz
  5. Draw.io
  6. Lucidchart
Tetapi, fiturnya masih sangat terbatas dan karenanya mungkin antusias user kurang sehingga rata-rata pengembangan software ini menjadi tidak aktif.

Kesimpulan

Jika anda menggunakan Microsoft Office Visio dalam bekerja, jika bermigrasi ke Linux, anda masih membutuhkan Virtual Box atau Wine karena alternatif yang memadai untuk Visio masih belum tersedia.